Menyenangkan Hati Orang Lain | physics sebelas march university

Minggu, 08 Juli 2007

Menyenangkan Hati Orang Lain

Siapa pun di dunia pastilah menginginkan kesenangan, bahkan yang berada dalam kesenangan pun masih ingin untuk menambah kesenangan lagi. Segala upaya akan kita tempuh untuk mendapatkan kesenangan itu, walaupun kesenangan yang kita inginkan pada akhirnya hanya bersifat sementara. Tapi pernahkah kita berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menyenangkan orang lain?

Memberikan bantuan kepada orang adalah salah satu cara untuk menyenangkan orang lain, baik yang sudah kita kenal, baru kita kenal, ataupun yang belum kita kenal. Tentu saja selama kita memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan tersebut. Sekecil apa pun bantuan yang kita berikan bisa jadi sangat berarga bagi orang lain.

Menyenangkan orang lain bisa dengan berbagai cara, mulai ucapan, perbuatan, bahkan dengan raut wajah pun kita bisa menyenangkan orang lain.

Ucapan yang baik saat berbicara dengan orang lain dapat menimbulkan rasa senang pada diri orang yang kita ajak bicara. Sebuah ayat Al-Quran menyebutkan : "Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. [2 : 263]"

Senyum ikhlas yang terukir di wajah kita pun dapat menyenangkan hati bagi siapa yang melihatnya. Senyum yang demikian bernilai sedekah pula.

Dalam beberapa hari ini, saya menerima beberapa sms dari teman-teman yang isinya berupa untaian doa agar saya berhasil dalam usaha yang saya lakukan dan permohonan kepada Allah agar selalu memberikan apa yang terbaik bagi diri saya. Itu pun mampu memmberikan rasa tenang sekaligus senang dalam diri saya, sambil berharap salah satu dari doa-doa tersebut akan dikabulkan Allah.

Beberapa waktu lalu, saya mendapat teman baru. Dalam obrolan perkenalan itu, dia langsung meminta bantuan saya. Kebetulan bantuan yang dia minta tidak sulit untuk saya laksanakan, karena kebetulan saya mampu melaksanakannya. Alhamdulillah, saat itu juga saya mampu memberika bantuan yang diminta teman baru saya itu. Saya senang dan mungkin dia juga, karena dia mengatakan apa yang saya berikan sesuai dengan yang dia minta.

Kesenangan yang kita berikan kepada orang lain insya Allah akan kembali kepada kita, gak percaya? silahkan mencoba :)

"Jika kamu berbuat baik, maka kamu berbuat baik untuk dirimu, dan jika kamu berbuat jahat, kamu berbuat jahat kepada dirimu." (Al-Israa : 7)

0 comments:

Related Articles